Moksibusi

28 Des

MOKSIBUSI

Untuk memulai dari awal, ada dua bagian operasi untuk akupunktur – satu adalah operasi dengan jarum dan yang lainnya adalah dengan api. Keduanya penting dan dapat bekerja bergandengan tangan dalam menyembuhkan penyakit.

Tak untuk mengatakan, akupunktur Cina moksibusi mengacu untuk menyembuhkan dengan api. Dan itu cukup banyak mengacu pada Jiu di Zhen Jiu (nama Cina untuk akupunktur).

Akupunktur dan moksibusi adalah penemuan yang signifikan dari Cina. Dalam literatur dari masa lalu, ada banyak legenda tentang asal-usul akupunktur dan moksibusi seperti penciptaan Fu Xi ‘s teknik terapi dengan jarum batu, dan Huang Di yang penemuan akupunktur dan moksibusi.

Asal akupunktur Cina moksibusi dapat tanggal kembali ke zaman Eolithic.

Dikatakan bahwa seorang ibu rumah tangga menemukan kelegaan dari sakit saat dia sedang berdiri dekat api di kompor saat memasak. Seiring waktu, hal ini telah meningkat dan jamu yang ditambahkan ke “asap” yang tubuh dan meningkatkan Kesehatan.

Metode yang digunakan umum adalah dengan moksibusi menggunakan kerucut moxa dan bekam. Prinsip mendasar adalah dengan menggunakan botol kaca untuk menutupi bagian tubuh dan memungkinkan untuk “menyedot” tubuh dengan memadamkan api di dalam guci. Pemanas ini akan memaksa udara keluar dari tabung dan menyebabkan “pusaran hisap” sehingga tabung menempel pada kulit. Hal ini menyebabkan darah untuk dirangsang dan merangsang organ-organ internal pasien. Kerucut moxa juga dapat digunakan untuk efek yang sama.

Namun, akupunktur Cina moksibusi harus dilakukan sedemikian rupa sehingga target yang relevan akupunktur poin atau meridian tubuh. Hal ini dimaksudkan agar penyakit yang ditargetkan dapat disembuhkan. Obat herbal serta jahe dan bawang putih tumbuk kadang-kadang ditambahkan untuk pengobatan. Umumnya, tabung diperbolehkan untuk tubuh “cangkir” selama sekitar 15-20 menit, dan pengobatan harus dilakukan selama periode waktu.

Selain metode-metode tradisional akupunktur Cina moksibusi, orang sekarang telah membuat perbaikan pada metode. Saat ini, peralatan yang mungkin digunakan termasuk microwave jarum moksibusi, elektronik jarum moksibusi, injeksi Acupoint, magnetotherapy Acupoint, dan sebagainya

Moksibusi dan Akupunktur merupakan teknik pengobatan klasik dari bangsa Cina yang telah dikenal sejak jaman suku-suku primitif sebelum abad ke 7. Akupunktur dan moksibusi dari masa ke masa berkembang dari Cina ke negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan negara2 lainnya. Teknik Moksibusi hampir sama dengan akupunktur tetapi moksibusi tanpa menggunakan tusuk jarum. Moksibusi pada dasarnya adalah pengobatan dengan perangsangan aliran darah dengan menggunakan rangsangan panas pada titik-titik tertentu .

Definisi

Cara pengobatan tradisional dengan menggunakan moksa (MoE-kuasa = ramuan daun – daunan yang dibakar). Bahan daun AY atau Arthesimia Vulgaris yang dibakar pada titik akupunktur tertentu, meminjam daya panas api yang ditimbulkannya untuk menembus kulit, otot, kemudian mencapai meridian, hingga menimbulkan reaksi pengobatan dan pencegahan penyakit yang direncanakan.

 

Kegunaan

 

Teknik moksibusi sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran hewan karena mempunyai beberapa kegunaan seperti:

  • Merangsang syaraf. Sehingga dapat digunakan untuk terapi hewan yang mengalami gangguan syaraf, seperti kelumpuhan atau untuk memperbaiki fungsi dari saluran pencernaan.
  • Sebagai Peredam rasa sakit, karena memiliki efek yang mengurangi derita rasa sakit
  • Mendorong metabolisme karena memperbaiki sirkulasi darah
  • Pengaturan keseimbangan hormon.

Beberapa penyakit pada sapi perah yang dapat diterapi dengan teknik moksibusi diantaranya yaitu; Parturient Paralysis , Milk fever, Downer Syndrome, Hipofugsi ovaria, Corpus Luteum persistent, Prolapsus Vagina, Retensio plasenta, Kembung, Aatoni rumen dan urothiasis.

Cara mendapatkan efek moksibusi
1. Pu : api dibiarkan mati sendiri, lalu titik meridian di tekan
2. Sie : api ditiup – tiup, pada waktu mengankat juga ditiup, dan titik meridian dibiarkan saja, jangan ditekan .

 

Jenis Moksa :

  1. Moksa dari Ay dalam bentuk konus/kerucut dipakai secara langsung atau tak langsung.
  2. Moksa silinder dari Ay atau dari campuran ramuan obat-obat yang digulung membentuk silinder seperti lisong.
  3. Moksa selubung penghangat. Menggunakan alat dari metal/logam yang khusus, lalu di dalamnya terbakar moksa,
  4. Moksa alam. Sebagai bahan bakar digunakan tumbuh-tumbuhan atau binatang tertentu.

Keterangan : Jenis moksa 1,2 dan 3 banyak dipakai, jenis 4 boleh dikatakan hampir tidak digunakan lagi, hanya berupa catatan sejarah saja.

Moksa Kerucut

Ay yang dikeringkan dibuat menjadi kerucut-kerucut. Ukurannya: kecil,sedang, dan besar.

  1. Langsung

Pada titik dimaksud moksa kerucut diletakkan lalu ujung moksa dibakar.

–          Cara tak meninggalkan bekas : pada kulit tempat titik dimaksud diolesi paraffin terlebih dahulu, lalu moksa diletakkan dan dibakar sampai penderia merasakan panas yang menyengat, dengan jepitan moksa diangkat diberi lagi moksa kerucut yang baru, ini diulang beberapa kali menurut kebutuhan.

–          Cara meninggalkan bekas : pada saat penderita merasakan panas menyengat moksa tidak diangkat , dibiarkan sampai moksa habis dan ini akan meninggalkan bekas karena kulit terbakar . Dikatakan bahwa cara meninggalkan bekas lebih bermanfaat aripada yang tidak meninggalkan bekas (untuk kulit eksim).

  1. Tidak langsung

Di antara moksa kerucut dan kulit diberi perantara.

  1. Garam

Biasanya pada tititk Sen Cie (umbilicus). Lubang umbilicus diberi garam sampai penuh lalu di atasnya diletakkan moksa kerucut kemudian dibakar.

Dapat mengobati : mulas perut, sakit perut hebat, diare dan apa daya menunjang Yang menolong dari kegawatan. Pada keadaan kolaps di mana kaki dan tangan dingin, keringat dingin keluar, cara ini bermanfaat. Tetapi perlu berulang kali dilakukan sampai keringat berhenti, nadi pulih dan dingin hilang.

  1. Jahe

Dibuat irisan jahe yang tebalnya beberapa mm, lalu pada beberapa tempat ditusuk berulang-ulang supaya berlubang dan diatasnya diletakkan moksa kerucut lalu jahe-moksa itu diletakkan di atas titik yang diutuju, lalu dibakar. Dan bilamana penderita merasakan panas yang menyengat , diganti dengan yang baru. Jumlah moksa tergantung dengan kebutuhan.

Jenis dari bahan perantara ini ada beberapa macam lagi tetapi dua macam inilah yang paling popular digunakan.

Moksa Silinder

Ay yang digunakan digulung dengan kertas yang tipis membentuk sebuah silinder, biasanya berat Ay itu 24 mg dan bias ditambah bat-obatan 6 mg lagi. Bentuk silinder yang terjadi panjangnya 6 Cun dengan tebal 0,35 Cun. ( diameter ).

Cara :

  1. Cara menghangatkan

Moksa silinder yang dibakar itu didekatkan pada titik yang dimaksud dengan memakai jarak ( jarak ini diambil dengan patokan : moksa yang terbakar didekatkan pada kulit sampai penderita merasa panas sekali. Lalu diundurkan ke belakang dan dimana kemudian penderita mrasakan panas yang enak. Itulah jarak yang optimal . Dihangati selama beberapa menit sampaidaerah titik sasaran menjadi berwarna merah. Sebelum merah bila rasa panas mnyengat maka jarak dijauhkan untuk sesaat . kemudian didekatkan lagi . hal ini baik untuk penyakit-penyakit rematik, ngilu ngilu krena angin lembab.

  1. Cara gaya mematuk

Moksa digerakkan seperti mematuk matuknya seekor burung. Harus diperhatikan tidak sampai membakar kulit penderita.

Moksibusi ini dalam penggunaanya harus diperhatikan :

  1. Terlarang untuk penyakit dengan Yin Si Yang Kang ( Yin Kosong Yang Berlebihan ) pada orangtua untuk hipertensi sampai 200 karena moksa menambah kekuatan Yang.
  2. Daerah – daerah tertentu seperti muka , genitalia , putting susu terlarang untuk di moksa. Selain itu daerah perut bawah , coccygeus terlarang pada wanita hamil dengan batas 4 jari di bawah umbilicus tidak di perbolehkan . Juga tendon – tendon penting serta pembuluh darah harus diperhatikan dalam moksibusi ini agar tidak kena terbakar.

Cara moksibusi

Seperti juga pada jarum , pada moksibusi ini terdapat pula cara penguatan dan pelemahan. Pada penguatan api tidak ditiup untuk membara, melainkan dibiarkan mati dengan sendirinya lalu titik di tekan. Pada pelemahan api ditiup dan ditiup pula pada saat moksa diangkat , dan membiarkan titik tersebut.

KOP (Pa Hou Kuan)

Sebuah cara pengobatan dengan menggunakan sebuah “botol” yang dihilangkan udaranya dengan api sehingga mengisap bagian tubuh tertentu dan menimbulkan fenomena pengumpulan darah. “Botol” itu berbagai jenis, ada yang dari kayu, gelas, logam besi, tembaga dan lain-lain. Bahan yang dibutuhkan : botol , kapas , alcohol , korek api .

Cara :

  1. Kapas beralkohol dibakar dan dimasukkan ke dalam botol lalu dengan segera botol ditekan pada daerah kulit yang dituju.
  2. Kapas beralkohol dibakar, dimasukkan dalam botol untuk membakar udara di dalam botol tersebut , lalu kapas diangkat , kemudian baru ditutupkan pada kulit yang dituju.
  3. Kapas beralkohol diletakkan pada dinding botol ( dengan tahanan, supaya tidak jatuh ) , lalu dibakar , kemudian ditutupkan pada bagian yang dituju .
  4. Botol digodok terlebih dahulu , lalu diangkat , dibersihkan airnya dan dibuang airnya , baru ditutupkan pada bagian kulit yang dituju.

Cara – cara di atas semua akan menghasilkan pengisapan pada kulit dan penggumpulan darah . Cara yang paling baik adalah cara ketiga di mana terjamin keberhasilannya dan mudah dikerjakan . Umumnya di kerjakan pada bagian kulit daerah punggung , pinggang , perut , paha , dan pundak . Biasanya yang dipilih adalah daerah yang mengalami rasa ngilu – ngilu dan rasa pegal – pegal .

Macam – macam moksa yang di gunakan :

–          Kayu

–          Gelas kaca

–          Logam atau besi

–          Tembaga

–          Tanduk

–          Kop pompa manual

–          Kop pompa listrik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar moksa :

 

Sumber :

http://budaxperah.wordpress.com/tag/moksibusi.html

http://spiritofacupuncture.wordpress.com/2010/02/11/moksibusi/#more-173

http://imanaba.blogspot.com/2010/01/moksibusi-definisi-cara-pengobatan.html

http://wihara.com/forum/taoisme/10779-moksibusi-untuk-hipertensi-hemiplegia-stroke-dan-artritis.html

http://google.com

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: